Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi
Vol. 8 No. 2 (2024): DIDAKTIKA BIOLOGI

PENINGKATAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN CONNECTED PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X DI SMA KOTA PALEMBANG

Miftahul Jannah (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Elvira Destiansari (Universitas Sriwijaya)
Indah Wigati (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami peningkatan literasi sains peserta didik melalui soal Programme for International Student Assessment (PISA) dalam pembelajaran terkait materi keanekaragaman hayati pada tingkat sekolah menengah atas. Penelitian ini berjenis kuantitatif menggunakan metode kuasi eksperimen. Peserta didik kelas X SMA sebanyak 64 orang merupakan subjek dalam penelitian ini. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Non Equivalent Control Group Design, dengan pembelajaran terkait pada materi keanekaragaman hayati. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Data dianalisis menggunakan teknik uji normalitas, homogenitas, dan analisis N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata N-gain untuk kelas eksperimen (pembelajaran terkait) adalah sebesar 66,31% dan rata-rata N-gain kelas kontrol 30,27%. Kemampuan literasi sains siswa telah mengalami peningkatan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peningkatan literasi sains dengan menerapkan pembelajaran terkait termasuk ke dalam kategori cukup efektif. Proses pembelajaran ini terkait dengan beberapa aspek literasi sains, seperti pengetahuan, kompetensi, dan pengaplikasian yang dapat mengoptimalkan kemampuan literasi sains peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

didaktikabiologi

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and Scope of Didaktika Biologi: 1. Motivation, perception and profiles of educators and learners in learning process and biological learning 2. Development and application of learning sources and media 3. Design of biological learning 4. Application of biological learning in schools (classroom ...