Penelitian ini bertujuan untuk memahami peningkatan literasi sains peserta didik melalui soal Programme for International Student Assessment (PISA) dalam pembelajaran terkait materi keanekaragaman hayati pada tingkat sekolah menengah atas. Penelitian ini berjenis kuantitatif menggunakan metode kuasi eksperimen. Peserta didik kelas X SMA sebanyak 64 orang merupakan subjek dalam penelitian ini. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Non Equivalent Control Group Design, dengan pembelajaran terkait pada materi keanekaragaman hayati. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Data dianalisis menggunakan teknik uji normalitas, homogenitas, dan analisis N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata N-gain untuk kelas eksperimen (pembelajaran terkait) adalah sebesar 66,31% dan rata-rata N-gain kelas kontrol 30,27%. Kemampuan literasi sains siswa telah mengalami peningkatan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peningkatan literasi sains dengan menerapkan pembelajaran terkait termasuk ke dalam kategori cukup efektif. Proses pembelajaran ini terkait dengan beberapa aspek literasi sains, seperti pengetahuan, kompetensi, dan pengaplikasian yang dapat mengoptimalkan kemampuan literasi sains peserta didik.
Copyrights © 2024