RSU Bunda Margonda sudah menggunakan sistem informasi manajemen sejak 2018 lalu. Dalam pelayanan pendaftaran akan dinilai mutu pelayanan meliputi kecepatan, ketepatan, kelengkapan, kejelasan informasi, kenyamanan ruang tunggu dan lain-lain. Oleh karena itu, RSU Bunda Margonda telah menerapkan sistem pendaftaran via online agar mempermudah pasien, namun terdapat kendala pada jaringan internet rumah sakit sehingga menyebabkan sistem menjadi eror dan kendala seperti double data sehingga menghambat proses pelayanan yang optimal terhadap pasien. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengindentifikasi sistem informasi pendaftaran online pasien dengan menggunakan metode PIECES. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari petugas pendaftaran, petugas rekam medis dan petugas IT dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sedangkan Objek penelitian ini yaitu sistem informasi pendaftaran online pasien rawat jalan Rumah Sakit Umum Bunda Margonda. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa aspek Performance dari sistem sudah berjalan dengan baik, tetapi terdapat hambatan terkait sinyal Wi-Fi rumah sakit, Information yang dihasilkan oleh sistem lengkap dan up to date, aspek Economy sistem menguntungkan rumah sakit dengan menghemat paper, aspek Control sistem informasi tersebut telah memilki hak akses log-in, aspek Efficiency sistem tersebut sudah berjalan efisien dan efektif, aspek Service terkadang terdapat kendala mengenai sistem eror dan human eror. Saran bagi rumah sakit yaitu diharapkan melakukan evaluasi terhadap sistem minimal 1 bulan sekali dan penambahan penyediaan fasilitas mesin scan barcode untuk mempermudah pasien dalam hal mendapatkan nomor antrian menuju poli.
Copyrights © 2024