JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 4 No. 4 (2024): JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA

Analisis Kebutuhan Peserta Didik terhadap Media Pembelajaran Digital Berbasis Realistic Mathematics Education (RME)

Alma Rif'atun Nisa (Universitas Muhammadiyah Semarang)
Abdul Aziz (Universitas Muhammadiyah Semarang)
Eko Andy Purnomo (Universitas Muhammadiyah Semarang)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keperluan siswa SMP terhadap media pembelajaran digital berbasis Realistic Mathematics Education (RME) dalam memahami materi matematika. Pendekatan RME dipilih karena mampu menghubungkan konsep-konsep matematika dengan situasi nyata, yang dapat meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini memanfaatkan metode kuantitatif deskriptif melalui teknik purposive sampling, melibatkan 30 siswa kelas VIII di SMP Negeri 01 Kedung Jepara. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket, kemudian dianalisis menggunakan persentase. Temuan analisis menunjukkan bahwa mayoritas 85% siswa membutuhkan media pembelajaran digital untuk membantu mereka memahami materi matematika. Selain itu, 93% siswa tertarik menggunakan media berbasis RME, yang mengindikasikan bahwa siswa lebih menyukai pembelajaran yang mengaitkan materi dengan kehidupan keseharian. Temuan ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran digital berbasis RME sangat diperlukan guna mempertinggi pemahaman dan minat belajar matematika siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jagomipa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Mathematics Physics

Description

JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA memiliki e-ISSN: 2797-6467 dan p-ISSN: 2797-6475, menerbitkan jurnal hasil kajian teori dan penelitian pada pendidikan matematika dan IPA, baik hasil kajian dan penelitian pendidikan secara umum maupun hasil kajian dan penelitian pembelajaran dalam ...