Pengelolaan keuangan pendidikan di Indonesia mengalami kendala, yaitu terbatasnya alokasi dana yang diterima sekolah, transparansi dalam pengelolaan anggaran, dan kapasitas pengelola keuangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengelolaan keuangan pendidikan guna mendukung efektivitas dan efisiensi alokasi sumber daya di lembaga pendidikan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi pustaka yang mengacu pada artikel-artikel yang terindeks di google scholar. Pengumpulan data dilakukan melalui penelaahan literatur terkait pengelolaan keuangan di sektor pendidikan, serta analisis kritis terhadap penelitian-penelitian sebelumnya. Analisis data menggunakan pendekatan tematik untuk mengidentifikasi pola pengelolaan keuangan yang efektif dan tantangan yang dihadapi dalam implementasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan yang baik di lembaga pendidikan sangat berpengaruh terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Selain itu, transparansi dan akuntabilitas dalam penggunaan anggaran menjadi faktor kunci dalam mewujudkan pengelolaan yang efisien. Namun, tantangan seperti kurangnya sumber daya finansial dan kurangnya kapasitas pengelola keuangan tetap menjadi kendala utama. Kesimpulannya, peningkatan kapasitas pengelola keuangan dan penerapan sistem pengawasan yang ketat diperlukan untuk memastikan pengelolaan keuangan yang lebih optimal, sehingga mampu meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan.
Copyrights © 2024