Tujuan dari penelitian ini untuk melihat apakah media pembelajaran wordwall memiliki dampak terhadap semangat dan pengetahuan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan one-group pre-test dan post-test, yakni memberlakukan uji paired sample t test, yang mana uji ini dilakukan pada satu grup tetapi dengan dua kali test yakni pre-test dan post-test dengan berbeda waktu pelaksanaanya yakni di awal dan di akhir. Seluruh siswa kelas VA SDN 89 Palembang dengan berjumlah 29 peserta didik sebagai sampel. Uji tes kemampuan siswa menunjukan skor nilai rata-rata siswa lebih meningkat di kelas eskperimen dibanding kelas kontrol, mengindikasikan bahwa kelas yang menggunakan media Wordwall dalam skema kelas eksperimen menunjukkan efektivitas yang cukup tinggi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Sebaliknya, kelas yang menggunakan metode pembelajaran tradisional dengan buku cetak dinilai kurang efektif dalam mendorong minat belajar siswa. Hasil penelitian pada kuisioner juga menunjukan bahwa peserta didik lebih menyukai belajar dengan media games digital, dibanding buku paket, karena visualisasi lebih jelas dan menarik.
Copyrights © 2024