Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 4 No. 3 (2024): Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Pelatihan Peningkatan Kualitas Pembelajaran bagi SMP Muhammadiyah Kabupaten Sleman

Endang Sri Budi Herawati (Universitas Negeri Yogyakarta)
Priadi Surya (Universitas Negeri Yogyakarta)
Zaenal Mustofa (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2024

Abstract

Peningkatan kualitas pembelajaran sangat penting untuk mengoptimalkan kompetensi guru dalam menerapkan metode pengajaran yang inovatif dan efektif, sehingga hasil belajar siswa meningkat. Selain itu penguasaan metode pengajaran interaktif   juga penting bagi guru dalam menghadapi tantangan pendidikan di era modern. Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang efektif, inovatif, dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Peserta kegiatan adalah guru SMP Muhammadiyah 1 Seyegan dan SMP Muhammadiyah 1 Tempel sebanyak 30 orang. Pelatihan mencakup berbagai aspek seperti pengelolaan kelas, penerapan model pembelajaran berdiferensiasi, serta penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi. Metode yang digunakan meliputi ceramah, diskusi kelompok, dan simulasi, yang bertujuan memberikan pengalaman langsung kepada peserta. Hasil pelatihan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman guru terhadap strategi pembelajaran yang lebih interaktif dan berpusat pada siswa. Guru mampu mengelola kelas dengan baik, menerapkan diferensiasi dalam pembelajaran sesuai profil belajar siswa, serta memanfaatkan teknologi baik sebagai media dalam pembelajaran maupun evaluasi belajar siswa (menggunakan Google Forms, Kahoot, quizizz, wordwall). Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan guru-guru mampu menerapkan praktik pembelajaran yang lebih berkualitas dan meningkatkan hasil belajar siswa secara keseluruhan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ba-jpm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat terdaftar dengan e-ISSN: 2797-9423 dan p-ISSN: 2797-9407 menerbitkan artikel dari hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat maupun metode pengabdian yang berkaitan dengan bidang pendidikan dan dapat diterapkan dalam mengembangkan dan membantu dosen, guru, ...