Alamtana
Vol 4 No 1 (2023): Edisi Mei 2023

Pelatihan Menulis Teks Negosiasi pada Kurikulum Merdeka untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 14 Padang

Rahayu Fitri (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Trisna Helda (Universitas PGRI Sumatra Barat)
Upit Yulianti DN (Universitas PGRI Sumatra Barat)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Kegiatan pengabdian pelatihan penulisan teks negosiasi pada kurikulum merdeka bagi siswa SMA Negeri 14 Padang telah dilakukan. Rendahnya minat dan keterampilan siswa dalam menulis suatu teks negosiasi yang baik dan menarik disebabkan oleh minimnya pengetahuan siswa tentang penulisan paragraf pembuka, isi, dan penutup, serta aturan kebahasaan dalam teks negosiasi. Solusi yang ditawarkan atas permasalahan tersebut adalah melakukan pendampingan berupa pemberian motivasi untuk meningkatkan minat menulis teks negosiasi. Metode pelatihan yaitu kegiatan yang diisi dengan ceramah, presentasi, diskusi, dan pendampingan peserta. Peserta merespon positif kegiatan dengan menunjukkan antusiasme selama kegiatan berlangsung dan peningkatan pemahaman serta kemampuan peserta tentang penulisan teks negosiasi. Berdasarkan hasil nilai tes awal dan tes akhir yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan minat dan keterampilan siswa dalam menulis teks negosiasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jaltn

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Alamtana: Jurnal Pengabdian Masyarakat UNW Mataram bertujuan untuk mempublikasikan pemikiran atau gagasan konseptual dan hasil penelitian yang telah dicapai dalam bidang pengabdian kepada masyarakat, khususnya pengabdian kepada masyarakat di bidang olahraga dan kesehatan. Alamtana: Jurnal Pengabdian ...