Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 1 No. 5 (2024): OKTOBER-NOVEMBER 2024

INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL UNTUK ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK DI RA AZ-ZAKIYATU SHALEHAH

Rini Rahmawati (Unknown)
Choiriyah, Choiriyah (Unknown)
Rita Intan Anggraeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses internalisasi nilai-nilai pendidikan multikultural pada anak usia dini melalui pembelajaran tematik di RA Az-Zakiyatu Shalehah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan pendekatan deskriptif Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Subjek penelitian terdiri dari pendidik, orang tua, dan siswa di RA Az-Zakiyatu Shalehah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran tematik di RA Az-Zakiyatu Shalehah secara efektif mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan multikultural ke dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari. Pendidik menggunakan berbagai metode dan media pembelajaran yang interaktif, sehingga anak-anak dapat mengenal dan menghargai keberagaman budaya sejak dini. Selain itu, dukungan dan partisipasi aktif sekolah dengan orang tua juga berperan penting dalam memperkuat pemahaman dan penerimaan anak terhadap nilai-nilai multikultural. Kesimpulannya, internalisasi nilai-nilai pendidikan multikultural melalui pembelajaran tematik di RA Az-Zakiyatu Shalebah memberikan dampak positif terhadap perkembangan sikap toleransi dan menghargai perbedaan pada anak usia dini. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pendidik dan institusi pendidikan dalam merancang dan menerapkan program pembelajaran yang mendukung pengembangan nilai-nilai multikultural pada anak-anak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...