Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman
Vol. 1 No. 1 (2015): Available online since March 2015

Strategi Ceruk Pasar dan Transaksi Syariah dalam Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan

Mashudi Mashudi (STAI Darul Hikmah Bangkalan)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2015

Abstract

Dalam bisnis, kepuasan pelanggan adalah hal yang paling utama. Penelitian-penelitian tentang kepuasan pelanggan telah banyak dilakukan dan senantiasa akan terus dikaji dan dikembangkan, sebab memperioritaskan kepuasan pelanggan berarti juga menjaga keberlangsungan usaha. Pada artikel ini, penulis mencoba menganalisis kepuasan pelanggan melalui pendekatan strategi ceruk pasar dengan transaksi syariah. Kombinasi keduanya diharapkan menjadi sebuah pilihan strategi pemasaran untuk menggarap pasar syariah yang semakin bersinar. Strategi ceruk pasar dengan spesialisasi bauran pemasaran yang terintegrasi dengan pendekatan transaksi syariah dapat meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pangsa pasar masyarakat agamis. Adapun jika kepuasan dan kepercayaan meningkat maka loyalitas juga ikut terdongkrak. Itulah konsep pemikiran ekonomi Islam yang menekankan pada kerja sama bisnis yang saling menguntungkan dalam jangka panjang

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

alinsyiroh

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Journal contains conceptual writings or the results of research on Interdisciplinary Islamic Studies is the development and elaboration of three topics, namely philosophical, sociological and historical approaches with more emphasis on aspects of its ...