Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman
Vol. 4 No. 2 (2018): September 2018

Perilaku dan Budaya Konsumen Madura dalam Dinamika Etika Bisnis Syariah

Mashudi Mashudi (STAI Darul Hikmah Bangkalan)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2018

Abstract

Dinamika budaya di masyarakat memunculkan pola dan aktivitas ekonomi, seperti industri, mekanisme pasar, hingga pada perlindungan konsumen dalam persaingan pasar Salah satu nilai budaya lainnya yang tak kalah penting pada orang Madura adalah bahwa kesopanan dijunjung tinggi. Masyarakat Madura yang sensitif dan fanatik terhadap nilai-nilai keagamaan; seperti kesopanan, saling menghormati, serta suka tolong-menolong berdampak konstruktif dengan nilai-nilai yang terkandung dalam prinsip-prinsip etika bisnis syariah. Prinsip-prinsip bisnis Islami baik secara individu atau kelembagaan mengajak pada nilai-nilai professionalitas, kejujuran (amanah), persaudaraan dan keadilan, serta dilarang monopoli dan praktek riba. Untuk itu akan sedikit dibahas dalam tulisan kali ini mengenai perilaku orang madura terhadap etika bisnis syariah

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

alinsyiroh

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Journal contains conceptual writings or the results of research on Interdisciplinary Islamic Studies is the development and elaboration of three topics, namely philosophical, sociological and historical approaches with more emphasis on aspects of its ...