Penelitian ini di latarbelakangi dengan adanya kesulitan yang di alami guru dalam menerapkan pemahaman membaca siswa dalam pembelajaran berdiferensiasi konten karena masih tahap penyesuaian, di karenakan pada saat penelitian dilakukan di kelas 3 Ismail baru menerapkan kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Konten Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa (Penelitian Experimen Di Kelas 3 Ismail SDIT Atikah Musadad) Semester I Tahun Pelajaran 2023-2024. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Research), sedangkan desain penelitiannya menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Konten dan variabel terikat yaitu Pemahaman Membaca Siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas III Ismail dan kelas III Ishak SDIT Atikah Musadad yang berjumlah 52 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen untuk mengukur prestasi belajar menggunakan pre-test dan post-test yang berbentuk tes objektif. Teknik analisis data menggunakan t-test, yang sebelumnya telah diketahui homogenitas dan normalitasnya. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 68,00 dan nilai post-test sebesar 78,92. Pada kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 64,00 dan nilai post-test sebesar 70,92. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi two sided p sebesar <0.001 menyatakan lebih kecil 0,050. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil post-test kelompok eksperimen yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran berdiferensiasi konten memberi pengaruh terhadap pemahaman membaca siswa kelas III Ismail SDIT Atikah Musadad Garut
Copyrights © 2024