JABE (Journal of Accounting and Business Education)
2015: Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPA): Vol. 2, No. 3, Maret 2015

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA AKUNTANSI DENGAN PEMBERIAN APERSEPSI MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE

Nuris, Dudung Ma’ruf (Unknown)
Rahmawati, Setya Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa melalui penerapan model think pair share. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Malang dan subyek penelitiannya  yaitu seluruh mahasiswa program S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi. Jumlah subyek penelitian sebanyak 41 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data diambil dari populasi mahasiswa program S1 Pendidikan Akuntansi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis kualitatif meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi. Dari hasil analisis data diketahui bahwa penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model think pair share berlangsung selama 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 pertemuan. Penerapan model think pair share mampu mengatasi motivasi belajar siswa dengan melakukan penyesuaian terhadap langkah-langkah pelaksanaannya. 

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jabe

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

JABE (JOURNAL OF ACCOUNTING AND BUSINESS EDUCATION), p-ISSN 2528-7281 and e-ISSN 2528-729X is a blind peer-reviewed and open access journal published twice a year (March and September). JABE aims to help researchers publish their work for wider audience and discover new connections. We Consider ...