Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 4 (2024): November

Analisis Pemahaman Siswa kelas V SDN 101776 Medan terkait dengan Etnomatematika dan Implementasinya dalam kehidupan sekitar

Rahmawati, Aisyah (Unknown)
Mailani, Elvi (Unknown)
Ketaren, Maya Alemina (Unknown)
Situmorang, Domasi Gresia (Unknown)
Pasaribu, Nisa Angelia (Unknown)
Salsabila, Nurul (Unknown)
Afsah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memeriksa bagaimana siswa kelas V SDN 101776 Medan memahami etnomatematika dan bagaimana hal itu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Fokus utama penelitian adalah bagaimana siswa memahami konsep etnomatematika dan bagaimana mereka menghubungkannya dengan kegiatan sehari-hari di lingkungan budaya mereka. Metode deskriptif kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Metode survei juga digunakan. Data dikumpulkan melalui angket yang diberikan kepada dua puluh siswa, terdiri dari tiga belas perempuan dan tujuh laki-laki. Angket ini terdiri dari pertanyaan yang dimaksudkan untuk mengukur seberapa memahami siswa tentang penggunaan etnomatematika di lingkungan mereka. Analisis persentase digunakan untuk mengukur persetujuan atau ketidaksetujuan siswa terhadap pernyataan. Penelitian ini menemukan bahwa mayoritas siswa memahami etnomatematika dengan baik dan merupakan cara yang efektif untuk mengaitkan matematika dengan kehidupan sehari-hari, tetapi beberapa siswa belum memahami sepenuhnya hubungan antara matematika formal dan praktik budaya tradisional. Namun, penelitian ini menemukan bahwa diperlukan langkah-langkah tambahan untuk memperkuat pemahaman siswa tentang integrasi budaya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...