Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 4 (2024): November

Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik Melalui Pembelajaran Proyek Berbasis Limbah Sekolah

Oktafia, Syifa (Unknown)
Hidayat, Sholeh (Unknown)
Pribadi, Reksa Adya (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2024

Abstract

Peneliitian ini didasarkan pada keresahan masyarakat mengenai masalah sampah/limbah yang terus meningkat. Upaya yang dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan sampah/limbah tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya dalam bidang pendidikan, sekolah dapat memanfaatkan dalam kegiatan belajar, dalam hal ini guru menjadi peran utana. Peran guru tersebut seperti, demonstrator, komunikator, organisator, motivator, inspirator, evaluator, dan edukator. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis limbah sekolah, untuk mendeskripsikan peran guru dalam kegiatan pembelajaran proyek berbasis limbah sekolah, dan untuk menggambarkan kreativitas peserta didik di kelas IV dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran proyek berbasis limbah sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilakukan pada SDN Serang 02 di kelas IV, dengan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru di SDN Serang 02 sudah terlihat dalam memilih dan menyusun serta membuat perangkat pembelajaran dengan menyesuaikan karakteristik peserta didik, peran guru dalam pelaksanaan pembelajaran proyek berbasis limbah sekolah berjalan dengan baik, serta hasil kreativitas di kelas IV peserta didik sudah dapat menuangkan ide-ide kreatifnya yang diukur berdasarkan ciri dari kreatif seperti fluency, flexibility, elaboration, dan originality.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...