Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 4 (2024): November

Alih Kode Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Iryana, Agus (Unknown)
Nisrina, Nufaisa (Unknown)
Riansi, Erwin Salpa (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2024

Abstract

Fenomena bahasa yang lazim ditemukan dalam masyarakat akibat kontak bahasa sangat menarik untuk dipelajari. Salah satu gejala kebahasaan yang muncul adalah alih kode, yang terjadi karena lebih dari separuh penduduk dunia bersifat bilingual atau menggunakan dua bahasa. Penelitian ini merupakan hasil observasi yang dilakukan terhadap mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa dalam interaksi antara mahasiswa dengan mahasiswa dan mahasiswa dengan dosen ada yang menggunakan alih kode. Penggunaan alih kode oleh mahasiswa dalam berkomunikasi sangat menarik untuk diteliti sehingga dapat memberikan gambaran penggunaan alih kode. Teori yang dijadikan landasan untuk menganalisis alih kode kode dalam penelitian ini dikemukakan oleh Lapasau (2016), Wijana (2019), Ohoiwutum (2007), Hermaji (2016), dan Pateda (2015). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data penelitian adalah bahasa yang digunakan dosen dan mahasiswa dalam berkomunikasi. Dalam penelitian kualitatif, yang menjadi instrumen atau alat penelitian adalah peneliti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi (simak), rekam (video), dan catatan lapangan. Pengumpulan data dilanjutkan dengan penganalisisan wujud, jenis, faktor penyebab, dan fungsi alih kode. Alih kode yang digunakan mahasiswa ketika berkomunikasi memiliki alasan dan fungsi yang jelas. Sehubungan dengan hal ini, seiring dengan meningkatnya keragaman bahasa yang dimiliki oleh mahasiswa baik secara lisan maupun tulis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...