Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 4 (2024): November

Evaluasi Program Sekolah Penggerak Angkatan 3 SD Negeri 6 Cakranegara

Saputra, Heri Hadi (Unknown)
Pua Note, Hafsiahnor (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi implementasi Program Sekolah Penggerak (PSP) di SD Negeri 6 Cakranegara sebagai bagian dari kebijakan Merdeka Belajar yang berfokus pada transformasi pendidikan nasional. Menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) dan metode survei kuantitatif deskriptif, penelitian ini mengumpulkan data melalui angket yang disebarkan kepada guru, kepala sekolah, dan tenaga kependidikan. Analisis empat aspek utama, konteks, input, proses, dan produk menunjukkan bahwa Program Sekolah Penggerak memberikan dampak positif pada peningkatan kompetensi guru, penerapan pembelajaran berbasis proyek, dan kepemimpinan sekolah, meskipun masih dihadapkan pada tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan kebutuhan adaptasi program sesuai konteks lokal. Program ini dinilai memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan jika diimbangi dengan perbaikan dukungan sumber daya dan adaptasi program yang lebih sesuai dengan kebutuhan daerah. Rekomendasi dari penelitian ini mencakup penguatan dukungan sumber daya dan pengembangan kurikulum inovatif yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan lokal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...