Research in Science and Mathematics Education
Vol. 1 No. 02 (2024): RISEME OKTOBER 2024

Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar melalui pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) pada materi Struktur Bumi

Muliasari, Urip (Unknown)
Saputro, Handoyo (Unknown)
Daryati, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2024

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik melalui penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) pada mata pelajaran IPA materi Struktur Bumi. Culturally Responsive Teaching (CRT) merupakan suatu pendekatan dalam pembelajaran yang memanfaatkan budaya sekitar untuk diintegrasikan dengan materi pelajaran. Metode – Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII D di SMPN 2 Bantul Yogyakarta berjumlah 31 orang. Tekik pengumpulan data yaitu dengan penyebaran angket melalui google form. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil – Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik pada empat indikator yaitu tekun, minat, senang mencari dan memecahkan masalah serta antusias tinggi. Pada tahap pra-siklus rerata presentase empat indikator motivasi belajar peserta didik sebesar 60% pada kategori “cukup” dan pada siklus 1 meningkat menjadi 67% pada kategori “baik”. Di akhir siklus 2 rerata presentase motivasi belajar peserta didik juga meningkat menjadi 76% pada kategori “baik”.  Temuan – Penelitian ini menemukan bahwa penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) pada mata pelajaran IPA materi Struktur Bumi meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII D di SMPN 2 Bantul Yogyakarta.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

riseme

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Journal Research in Science and Mathematics Education is a forum for communicating scientific advances in Mathematics Education, Science Education, Physics Education, Biology education, and Chemistry Education. The journal emphasizes studies on innovative teaching methods, the integration of ...