Edukatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 1 No 1 (2024): Edukatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Penerapan Gaya Mengajar Latihan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jangkit Pada Masa Covid 19 SMK Budi Utomo Labusel

Siahaan, Jaya Maruli (Unknown)
Ramadan (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2024

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar lompat jangkit melalui penerapan gaya mengajar latihan pada siswa SMK Budi Utomo Labusel Tahun Ajaran 2020/2021. Lokasi pengabdian ini dilaksanakan di SMK Budi Utomo Labusel Tahun Ajaran 2020/2021. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMK Budi Utomo Labusel Tahun Ajaran 2020/2021. Yang berjumlah 33 orang siswa. Pengabdian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus, siklus I dan II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti memberi pre test untuk mengetahui letak kesulitan pada pelajaran lompat jangkit, dilanjutkan dengan siklus I dan pos test siklus I, siklus II dan diakhri dengan pemberian pos tes siklus II dengan instrumen penelitian lembaran pengamatan test hasil belajar lompat jangkit dengan menggunakan lembar fortopolio. Dengan penerapan gaya mengajar latihan dapat meningkatkan hasil belajar lompat jangkit siswa dari mulai tes awal, siklus I dan siklus II. pada tes awal yang dilakukan dari 33 orang siswa terdapat 12 orang siswa (36,37%) yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 54,55. Pada postest siklus I mencapai 14 orang siswa (75,76%) yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 68,18. Dan pada postest siklus II mencapai 29 orang siswa (87,88%) yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 72,73. Telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa baik secara individu maupun secara klasikal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan gaya mengajar latihan dapat meningkatan hasil belajar lompat jangkit pada Masa Covid 19 SMK Budi Utomo Labusel Tahun Ajaran 2020/2021.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edukatif

Publisher

Subject

Education

Description

Edukatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat adalah jurnal yang menerapkan double blind peer-review yang didukung oleh Open Journal System (OJS). Edukatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat mempunyai fokus kepada suatu kegiatan yang bersifat mendidik, membina, memberikan latihan, dan pengajaran kepada ...