cover
Contact Name
Alan Alfiansyah Putra Karo Karo
Contact Email
edukatifjbp@gmail.com
Phone
+6285206640908
Journal Mail Official
edukatifjbp@gmail.com
Editorial Address
Jl. Alumuinum Raya No 77 Tanjung Mulia, 20241, Medan, Indonesia
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Edukatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 30468191     DOI : https://doi.org/10.55081/edukatif.v1i2
Core Subject : Education,
Edukatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat adalah jurnal yang menerapkan double blind peer-review yang didukung oleh Open Journal System (OJS). Edukatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat mempunyai fokus kepada suatu kegiatan yang bersifat mendidik, membina, memberikan latihan, dan pengajaran kepada masyarakat.
Articles 11 Documents
Pelaksanaan Program Pelatihan Tilawatil Qur’an Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Masyarakat Di Desa Blederan Pangestuti, Dwita Hayu; Mu’awanah, Dewi Miftahul; Vialy, Hasanal; Afifah, Ainun; Hermawan, Hermawan
Edukatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 2 (2024): Edukatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55081/edukatif.v1i2.1985

Abstract

Program pelatihan tilawatil qur’an bertujuan untuk mengetahui 1) Perumusan program tilawatil qur’an dalam meningkatkan kemampuan baca Al-quran masyarakat Desa Blederan 2) Pelaksanaan program tilawatil qur’an dalam meningkatkan kemampuan baca Al-quran masyarakat Desa Blederan 3) Evaluasi program tilawatil qur’an dalam meningkatkan kemampuan baca Al-quran masyarakat Desa Blederan. Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari data yang kami dapat yaitu 1) Perumusan program tilawatil qur’an dilakukan di Mushola al-huda dan Mushola at-taufiq pembelajaran pertama dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2023 yang bertempat di rumah Ibu Mamik RT 4 Dusun Klesman, bertujuan untuk membantu meningkatkan kemampuan membaca Al-quran, materi yang diberikan disesuaikan dengan peringatan hari besar Islam dan perayaan besar lainnya 2) Pelaksanaan pembelajaran program tilawatil Al-quran yang dilaksanakan di mushola al-huda pada hari Rabu dan Minggu pada jam 16.30 sampai Shalat Maghrib dan di mushola at-taufiq pada hari Senin dan Kamis pada jam 16.30 samapi Shalat Maghrib.
Strategi Capaian Hasil Belajar Materi Bola Kasti Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 057230 Babalan Pada Masa Pandemi Covid-19 Asmiati, Asmiati; Khairul Usman
Edukatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2024): Edukatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55081/edukatif.v1i1.2027

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui strategi capaian hasil belajar materi bola kasti pada siswa kelas IV SD Negeri 057230 Babalan pada masa pandemi covid-19. Pelaksanaan pengabdian dilakukan melalui pembelajaran home visit materi bola kasti dengan hasil pengukuran kegiatan belajar siswa pada masa pademi Covid-19. Materi yang disampaikan guru dilakukan melalui belajar kunjungan ke rumah siswa yang sudah dibagi menjadi 4 kelompok. Materi bola kasti diberikan pada siswa SD kelas IV harus dapat dicapai hasil belajarnya pada situasi pandemi covid-19. Pengabdian ini menggunakan metode kualitatif dengan yang dilaksanakan dengan kemampuan analisis peneliti dalam menghubungkan antar variabel penelitian. Pengabdian ini berfokus perolehan kegiatan yang mencerminkan capaian hasil belajar materi bola kasti melalui pembelajaran home visit. Data yang diperoleh berupa hasil pantauan dan kajian kegiatan pembelajaran pada masa pandemi covid-19 siswa kelas IV SD Negeri 057230 Babalan. Hasil analisis data diperoleh pada materi bola kasti yaitu siswa memiliki hasil belajar aspek psikomotorik unjuk kerja dengan jumlah 24 orang siswa (100%) mencapai status hasil belajar “tuntas”, dan 0 orang siswa (0%) memiliki hasil belajar “tidak tuntas”. Pelaksanaan pembelajaran home visit untuk siswa kelas IV materi bola kasti menunjukkan bahwa siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik sehingga mampu mencapai kelulusan klasikal diatas 75%. Simpulan dalam pengabdian ini adalah strategi capaian hasil belajar materi bola kasti pada siswa kelas IV situasi pandemi covid-19 adalah strategi home visit dengan metode belajar mandiri dan kelompok. Konsep belajar mandiri adalah siswa dipersiapkan untuk memiliki pengetahuan dasar tetang materi yang akan diajarkan yakni materi bola kasti. Kemudian kelompok adalah belajar sesama teman dalam kelompok sehingga terjadi diskusi dan saling mendukung terkait kemampuan pelaksanaan teknik yang harus dikuasai. Kemudian sebagai pendukung adalah belajar home visit dilakukan disekitar rumah siswa, hal ini memberikan peran pada efektivitas waktu siswa dalam mendalami materi beriringan dengan menunggu guru datang ke lokasi belajar, kemudian tempat belajar akan menjadi memori siswa pada aspek terbentuknya ingatan akan penguasaan teknik yang disampaikan saat pembelajaran berlangsung.
Efektivitas Penggunaan Media Yang Dimodifikasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tolak Peluru Pada Proses Pembelajaran Luring Masa Pandemic Covid 19 Hendrik, Hendrik; Sari, Liliana Puspa
Edukatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2024): Edukatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55081/edukatif.v1i1.2029

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui strategi capaian hasil belajar materi bola kasti pada siswa kelas IV SD Negeri 057230 Babalan pada masa pandemi covid-19. Pelaksanaan pengabdian dilakukan melalui pembelajaran home visit materi bola kasti dengan hasil pengukuran kegiatan belajar siswa pada masa pademi Covid-19. Materi yang disampaikan guru dilakukan melalui belajar kunjungan ke rumah siswa yang sudah dibagi menjadi 4 kelompok. Materi bola kasti diberikan pada siswa SD kelas IV harus dapat dicapai hasil belajarnya pada situasi pandemi covid-19. Pengabdian ini menggunakan metode kualitatif dengan yang dilaksanakan dengan kemampuan analisis peneliti dalam menghubungkan antar variabel penelitian. Pengabdian ini berfokus perolehan kegiatan yang mencerminkan capaian hasil belajar materi bola kasti melalui pembelajaran home visit. Data yang diperoleh berupa hasil pantauan dan kajian kegiatan pembelajaran pada masa pandemi covid-19 siswa kelas IV SD Negeri 057230 Babalan. Hasil analisis data diperoleh pada materi bola kasti yaitu siswa memiliki hasil belajar aspek psikomotorik unjuk kerja dengan jumlah 24 orang siswa (100%) mencapai status hasil belajar “tuntas”, dan 0 orang siswa (0%) memiliki hasil belajar “tidak tuntas”. Pelaksanaan pembelajaran home visit untuk siswa kelas IV materi bola kasti menunjukkan bahwa siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik sehingga mampu mencapai kelulusan klasikal diatas 75%. Simpulan dalam pengabdian ini adalah strategi capaian hasil belajar materi bola kasti pada siswa kelas IV situasi pandemi covid-19 adalah strategi home visit dengan metode belajar mandiri dan kelompok. Konsep belajar mandiri adalah siswa dipersiapkan untuk memiliki pengetahuan dasar tetang materi yang akan diajarkan yakni materi bola kasti. Kemudian kelompok adalah belajar sesama teman dalam kelompok sehingga terjadi diskusi dan saling mendukung terkait kemampuan pelaksanaan teknik yang harus dikuasai. Kemudian sebagai pendukung adalah belajar home visit dilakukan disekitar rumah siswa, hal ini memberikan peran pada efektivitas waktu siswa dalam mendalami materi beriringan dengan menunggu guru datang ke lokasi belajar, kemudian tempat belajar akan menjadi memori siswa pada aspek terbentuknya ingatan akan penguasaan teknik yang disampaikan saat pembelajaran berlangsung.
Analisis Hasil Belajar Materi Menerapkan Budaya Hidup Sehat Melalui Pembelajaran Daring Ismail Soleh Tarigan; Khairul Usman
Edukatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2024): Edukatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55081/edukatif.v1i1.2030

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui capaian hasil belajar materi menerapkan budaya hidup sehat melalui pembelajaran daring pada siswa kelas I SD Negeri 101828 Kecamatan Pancur Batu Tahun Ajaran 2020-2021. Pelaksanaan penelitian dilakukan melalui pembelajaran dalam jaringan materi budaya hidup sehat dengan hasil pengukuran tugas dalam bentuk foto, voice note, atau video. Materi yang disampaikan guru dilakukan melalui whatsapp group dengan pendampingan orang tua di rumah, memberikan penjelasan terkait materi. Materi budaya hidup sehat diberikan pada siswa SD kelas I yang terdapat pada buku paket siswa sehingga capaian pembelajaran harus dapat dicapai pada situasi pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif bertujuan untuk menggambarkan, meringkaskan berbagai kondisi, berbagai situasi, atau berbagai fenomena realitas sosial. Penelitian ini berfokus perolehan kegiatan yang mencerminkan capaian hasil belajar materi budaya hidup sehat melalui pembelajaran daring. Data yang diperoleh berupa hasil pantauan dan kajian kegiatan pembelajaran pada masa pandemi covid-19 siswa kelas I SD Negeri 101828 Kecamatan Pancur Batu. Pelaksanaan proses pembelajaran daring ini melalui pemberian instruksi kepada siswa dengan mengirim tugas terkait budaya hidup sehat meliputi (1) Hidup Sehat, (2) Perlakukan Hidup Bersih, (3) Pola Makan dan Minum, (4) Pola Istirahat, dan (5) Pengetahuan Kesehatan. Berdasarkan data penelitian diketahui bahwa siswa kelas 1 SD Negeri 101828 Kecamatan Pancur Batu dengan jumlah 30 orang dan menjadi subjek penelitian diperoleh data 29 orang siswa memiliki nilai rata-rata melampaui Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75 dan 1 orang siswa memiliki nilai kurang yaitu dengan rata-rata nilai 65,8. Simpulan dalam pengabdian ini adalah proses pembelajaran dalam jaringan dalam hal ini menunjukkan bahwa tahapan-tahapan yang diterapkan guru dapat memberikan proses belajar yang efektif pada masa pandemi covid-19 untuk memberikan materi dan penilaian belajar dengan media yang dapat dioperasikan oleh siswa. Indikator penilaian sebagai berikut : (1) siswa memiliki kemampuan “hidup sehat”; (2) siswa memiliki kemampuan “perlakuan hidup bersih”; (3) siswa memiliki kemampuan “Pola makan dan minum” yang baik; (4) siswa memiliki kemampuan “pola istirahat” yang baik; dan (5) siswa memiliki “Pengetahuan Kesehatan” yang baik. pembelajaran dalam jaringan dapat menunjukkan bahwa siswa dapat mencapai KKM yang diharapkan yakni dengan waktu yang sudah ditetapkan siswa mampu mencapai ketuntasan kelasikal 96,7%.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Siswa Dengan Model Pembelajaran Bermain Pada Siswa Maryana Br. Surbakti; Dicky Hendrawan
Edukatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2024): Edukatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55081/edukatif.v1i1.2031

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untk mengetahui Kemampuan Gerak Dasar Siswa Dengan Model Pembelajaran Bermain Pada Siswa Kelas III SD. Negeri No. 050628 Tanjung Langkat Kec. Salapian Kab. Langkat Tahun Ajaran 2020/2021. Subjek dalam pengabdian ini adalah Siswa Kelas III SD. Negeri No. 050628 Tanjung Langkat Kec. Salapian Kab. Langkat yang jumlah pemain 18 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sehubungan dengan masih mewabahnya virus corona, pengabdian ini dilaksanakan hanya dalam 1 siklus. Variabel pengabdian ini adalah kemampuan gerak dasar (lari, lompat, lempar) dengan pendekatan bermain. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan melaksanakan upaya peningkatan kemampuan gerak dasar siswa dalam bentuk permainan yakni: komponen gerak dasar lari dilaksanakan permainan lari memindahkan kardus dan lari zigzag. Komponen gerak dasar lompat dilaksanakan permainan melompati kardus dan melompati ban bekas dengan variasi gerakan. Sedangkan pelaksanaan melempar bola berekor dan melempar bola menuju sasaran kotak bertujuan untuk meningkatkan kemampuan melempar. Untuk mengetahui kemampuan gerak dasar siswa dilaksanakan: tes lari sprint 30 meter untuk mengukur kemampuan gerak dasar lari, kemampuan dasar melompat diukur dengan Standing Broad Jump dan kemampuan dasar melempar diukur dengan Medicine Ball Throw. Berdasarkan hasil tes kemampuan gerak dasar siswa sebanyak 18 orang siswa kelas III SD. Negeri No. 050628 Tanjung Langkat Kec. Salapian Kab. Langkat Tahun Ajaran 2020/2021didapatkan data sebagai berikut: kemampuan lari sprint 30 meter terjadi kenaikan sebesar 2.81%. kemampuan lompat jauh tanpa awalan terjadi kenaikan sebesar 4.00%. dan kemampuan melempar bola medicine terjadi kenaikan sebesar 2.96%. Secara keseluruhan terjadi kenaikan sebesar 3.26%.
Penerapan Gaya Mengajar Latihan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jangkit Pada Masa Covid 19 SMK Budi Utomo Labusel Siahaan, Jaya Maruli; Ramadan
Edukatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2024): Edukatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55081/edukatif.v1i1.2033

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar lompat jangkit melalui penerapan gaya mengajar latihan pada siswa SMK Budi Utomo Labusel Tahun Ajaran 2020/2021. Lokasi pengabdian ini dilaksanakan di SMK Budi Utomo Labusel Tahun Ajaran 2020/2021. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMK Budi Utomo Labusel Tahun Ajaran 2020/2021. Yang berjumlah 33 orang siswa. Pengabdian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus, siklus I dan II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti memberi pre test untuk mengetahui letak kesulitan pada pelajaran lompat jangkit, dilanjutkan dengan siklus I dan pos test siklus I, siklus II dan diakhri dengan pemberian pos tes siklus II dengan instrumen penelitian lembaran pengamatan test hasil belajar lompat jangkit dengan menggunakan lembar fortopolio. Dengan penerapan gaya mengajar latihan dapat meningkatkan hasil belajar lompat jangkit siswa dari mulai tes awal, siklus I dan siklus II. pada tes awal yang dilakukan dari 33 orang siswa terdapat 12 orang siswa (36,37%) yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 54,55. Pada postest siklus I mencapai 14 orang siswa (75,76%) yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 68,18. Dan pada postest siklus II mencapai 29 orang siswa (87,88%) yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 72,73. Telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa baik secara individu maupun secara klasikal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan gaya mengajar latihan dapat meningkatan hasil belajar lompat jangkit pada Masa Covid 19 SMK Budi Utomo Labusel Tahun Ajaran 2020/2021.
Sosialisasi dan Seleksi Atlet Gateball Jambi Untuk Meraih Prestasi Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional Tahun 2025 Putra, Anggrawan Janur; Yusradinafi, Yusradinafi; Prabowo, Bangkit Yudho; Adrizal, Mohd; Kurniawan, Alexander
Edukatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 2 (2024): Edukatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55081/edukatif.v1i2.3104

Abstract

Sosialisasi dan seleksi atlet Gateball tingkat mahasiswa merupakan langkah persiapan menghadapi Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional tahun 2025. Olahraga Gateball di Jambi belum dikenal secara luas, dan belum tersosialisasi masuk kedalam lingkungan kampus di Provinsi Jambi. Di tahun 2025 mendatang Provinsi Jawa Tengah sebagai penyelenggara POMNAS 2025 akan mempertandingkan cabang olahraga Gateball. Hal ini merupakan langkah penting dalam menarik minat calon atlet ditingkat mahasiswa untuk diperkenalkan dan selanjutnya menyeleksi atlet untuk dipersiapkan menjalani latihan jangka panjang. Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh ketua Pengprov PERGATSI Jambi, Pelatih Berlisensi Nasional, atlet berprestasi asal Jambi, serta perwakilan BAPOMI Provinsi Jambi. Sasaran dari kegiatan ini terbuka untuk seluruh mahasiswa yang ada di Jambi. Tercatat kegiatan dihadiri 133 Mahasiswa yang diwakili dari beberapa Perguruan Tinggi. Melalui kegiatan ini terjaring 20 Mahasiswa yang akan direkomendasikan kepada Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) Provinsi Jambi dalam Persiapan menghadapi POMNAS 2025.
Diseminasi Alat Latihan Pelontar Bola dalam Upaya Mendukung Prestasi Olahraga Kriket Jambi Ilham, Ilham; Putra, Anggrawan Janur; Oktadinata, Alek; Daya, Wawan Junresti; Iqroni, David
Edukatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 2 (2024): Edukatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55081/edukatif.v1i2.3105

Abstract

Tujuan latihan merupakan sasaran utama seorang atlet untuk meningkatkan keterampilan dan fisik dengan pencapaian prestasi semaksimal mungkin, dalam prosenya pelatih harus terus melakukan inovasi dalam memberikan pola latihan yang efektif. Tak luput pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mengikuti tren pola latihan saat ini. Salah satunya adalah penggunaan alat latihan pelontar bola pada cabang olahraga cricket yang telah melalui rangkaian proses penelitian. Melalui tim pengabdian masyarkat Universitas Jambi selanjutnya alat akan di desiminasikan pada atlet cricket Provinsi Jambi bertempat di training center KONI Provinsi Jambi. Deseminasi berlangsung pada 3 Juni hingga 27 September 2024. Deseminasi ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam berlatih menggunakan alat latihan melontarkan bola secara drill bertenaga mesin. Deseminasi yang dilangsungkan diharapkan memberikan dampak yang baik pada proses latihan atlet cricket provinsi jambi. Sehingga hasil dan motivasi latihan cricket atlet meningkat yang juga akan berdampak pada prestasi. Deseminasi ini merupakan penyebaran media latihan dari sebuah penelitian pengembangan alat pelontar bola cricket, yang kemudian produknya menjadi rekomendasi untuk latihan atlet cricket yang ada di Provinsi Jambi.
Implementasi Projek (P5) Pjok Materi Atletik Berbasis Kurikulum Merdeka Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tawar Sedenge Darma, Surya; Sari, Liliana Puspa; Usman, Khairul
Edukatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 2 (2024): Edukatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55081/edukatif.v1i2.3458

Abstract

Kegiatan bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil Implementasi Projek (P5) PJOK Materi Atletik Berbasis Kurikulum Merdeka pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Tawar Sedenge Tahun 2023. Teknik perolehan data dalam proses penelitian yang dilakukan adalah melakukan proses pembelajaran secara langsung yaitu materi atletik dan mengimplementasikan projek. Hasil analisis data yang diperoleh capaian belajar siswa diperoleh pada siklus I adalah dengan nilai rata-rata 76 menunjukkan kelulusan kumulatif 60%. Hasil pada pertemuan II menunjukkan bahwa siswa rata-rata mengalami kenaikan nilai 9 dari 76 menuju 84 yang artinya pada hari kedua siswa dapat sangat baik menguasai materi atletik dengan Projek P5 Kurikulum merdeka belajar. Siswa menunjukkan perubahan yang signifikan pada hasil belajar atletik dengan konsep Projek P5 yang menjadi praktik utama kurikulum merdeka belajar. Siswa menunjukkan kelulusan kumulatif 100% dengan nilai rata-rata 84 yang menunjukkan bahwa siswa dapat meningkatkan capaian hasil belajar atletik. Simpulan dalam kegiatan ini ketercapaian hasil belajar materi atletik melalui projek P5 PJOK adalah proses pembelajaran yang berfokus pada pengetahuan, sikap, dan perilaku yang berhubungan dengan kegiatan jasmani.
Implementasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani SD NEGERI 101208 Pahae Aek Sagala Tapanuli Selatan Harahap, Ikhwansyah Putra; Sihombing, Hardodi
Edukatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 2 (2024): Edukatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55081/edukatif.v1i2.3459

Abstract

Dasar kegiatan ini adalah banyaknya kendala dalam pelaksanaan kurikulum Merdeka dalam pendidikan jasmani. Dalam kegiatan tentang implementasi kurikulum Merdeka Belajar, alat yang mendukung dalam penelitian ini yaitu menggunakan instrumen non test. Dalam instrummen non test tersebut menggunakan metode kuesioner, metode wawancara, observasi dan metode dokumentasi. Hasil kegiatan ini adalah disimpulkan bahwa implementasi kurikukulum Merdeka belajar pada mata Pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan Kesehatan di SD Negeri 101208 Pahae Aek Sagala Tapanuli Selatan Tahun 2023 dengan baik sekali dimana pembelajaran pendidikan jasmani dengan melaksanakan strategi diferensiasi ditambah lagi dengan penerapan media berbasis teknologi. Namun dalam pelaksanaannya tidak semua terlaksana karena keterbatasan guru pendidikan jasmani yang belum terbiasa dengan penerapan kurikulum Merdeka ini. Kendala dalam implementasi kurikulum Merdeka belajar pada mata Pelajaran pendidikan jamsnai di SD Negeri 101208 Pahae Aek Sagala adalah pembuatan modul ajar, strategi belajar dan siswa memang harus dikomandoi baru bisa berhasil dan poin utamanya guru belum memahami pedagogi dalam kurikulum Merdeka. Solusinya adalah dengan menerapkan sebuah kebijakan yang konsisten sehingga harus mengontrol setiap kegiatan, ditambah lagi pendanaan untuk kelengkapan fasilitas juga mendukung dan yang menjadi poin utamanya adalah kualitas pendidik harus ditingkatkan dan memperkaya literasi guru terkait strategi, media, modul dan assessment.

Page 1 of 2 | Total Record : 11