Dasar kegiatan ini adalah banyaknya kendala dalam pelaksanaan kurikulum Merdeka dalam pendidikan jasmani. Dalam kegiatan tentang implementasi kurikulum Merdeka Belajar, alat yang mendukung dalam penelitian ini yaitu menggunakan instrumen non test. Dalam instrummen non test tersebut menggunakan metode kuesioner, metode wawancara, observasi dan metode dokumentasi. Hasil kegiatan ini adalah disimpulkan bahwa implementasi kurikukulum Merdeka belajar pada mata Pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan Kesehatan di SD Negeri 101208 Pahae Aek Sagala Tapanuli Selatan Tahun 2023 dengan baik sekali dimana pembelajaran pendidikan jasmani dengan melaksanakan strategi diferensiasi ditambah lagi dengan penerapan media berbasis teknologi. Namun dalam pelaksanaannya tidak semua terlaksana karena keterbatasan guru pendidikan jasmani yang belum terbiasa dengan penerapan kurikulum Merdeka ini. Kendala dalam implementasi kurikulum Merdeka belajar pada mata Pelajaran pendidikan jamsnai di SD Negeri 101208 Pahae Aek Sagala adalah pembuatan modul ajar, strategi belajar dan siswa memang harus dikomandoi baru bisa berhasil dan poin utamanya guru belum memahami pedagogi dalam kurikulum Merdeka. Solusinya adalah dengan menerapkan sebuah kebijakan yang konsisten sehingga harus mengontrol setiap kegiatan, ditambah lagi pendanaan untuk kelengkapan fasilitas juga mendukung dan yang menjadi poin utamanya adalah kualitas pendidik harus ditingkatkan dan memperkaya literasi guru terkait strategi, media, modul dan assessment.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024