Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Vol.1, No.7, Juli 2016

PARTISIPASI ONLINE DALAM PEMBELAJARAN COMMUNITY OF INQUIRY (COI) PADA MATERI DISTILASI

Effa Rachma Pratiwi (Mahasiswa Pendidikan Kimia Pascasarjana-Universitas Negeri Malang)
Surjani Wonorahardjo (Dosen Pendidikan Kimia Pascasarjana-Universitas Negeri Malang)
Munzil Arief (Dosen Pendidikan Kimia Pascasarjana-Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2016

Abstract

Participation of chemistry student State University of Malang in the course of chemical separation is not maximized. It is necessary to apply one student centered learning strategy, that inquiry. Inquiry who form a learners group called the Community of Inquiry (CoI). Face-to-face meeting is a little on the distillation that can not maintain CoI in the classroom so that online learning is applied. The purpose of this study was to determine the online participation through CoI in the distillation. The method used is the pre-experimental with descriptive data analysis. Descriptive analysis states student participation in online learning in the distillation was high.Partisipasi mahasiswa Jurusan Kimia Universitas Negeri Malang dalam matakuliah pemisahan kimia belum maksimal sehingga perlu diterapkan salah satu strategi pembelajaran berpusat pada mahasiswa, yaitu inkuiri. Penerapan inkuiri dapat dilakukan dengan membentuk suatu kelompok mahasiswa yang disebut Community of Inquiry (CoI). Pertemuan tatap muka yang sedikit pada materi distilasi tidak dapat mempertahankan CoI di dalam kelas sehingga dilakukan pembelajaran online. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui partisipasi online mahasiswa melalui penerapan pembelajaran CoI pada materi distilasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimental dengan analisis data deskriptif. Hasil analisis deskriptif menyatakan partisipasi mahasiswa dalam pembelajaran online pada materi distilasi adalah tinggi.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jptpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January ...