Economic curriculum development is a crucial aspect in the effort to improve the quality of education and prepare future generations to face various challenges in the 21st century. A good curriculum is designed to achieve the desired cognitive, affective, and psychomotor educational goals. This study aims to identify publications related to economic curriculum development and describe the characteristics of this research. The bibliometric Analysis method was used in this research. The results showed that the number of publications containing economic curriculum development in the 21st Century increased yearly from 2015 to 2022 and decreased from 2023 to 2024. The number of documents that contain this is still relatively small, with two papers by Budiwati. At the same time, the authors with the most citations with two citations are Budiwati and Dahlan. INA-Rxiv holds the top position as the publisher with the most four documents. New themes that emerged in this field were "development", "learning" and "curriculum". AbstrakPengembangan kurikulum ekonomi merupakan aspek penting dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan generasi mendatang untuk menghadapi berbagai tantangan di abad ke-21. Kurikulum yang baik dirancang untuk mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan, baik dalam aspek kognitif, afektif, maupun psikomotor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi publikasi yang terkait dengan pengembangan kurikulum ekonomi dan mendeskripsikan karakteristik penelitian tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Bibliometrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah publikasi yang mengandung pengembangan kurikulum ekonomi di abad ke-21 mengalami peningkatan setiap tahun dari 2015 sampai tahun 2022, dan mengalami penurunan pada tahun 2023 sampai tahun 2024. Jumlah dokumen yang membahas topik ini masih relatif sedikit, dengan 2 dokumen yang ditulis oleh Budiwati, sedangkan penulis dengan kutipan terbanyak dengan 2 kutipan adalah Budiwati dan Dahlan. INA-Rxiv menempati posisi teratas sebagai penerbit dengan jumlah dokumen terbanyak, yaitu 4 dokumen. Tema baru yang muncul di bidang ini adalah "pengembangan", "pembelajaran", dan "kurikulum".Kata Kunci: analisis bibliometrik; kurikulum ekonomi; pengembangan kurikulum
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025