Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri, minat belajar, dan hasil belajar IPS melalui metode sosiodrama. Penelitian ini dilaksanakan di SD Kepuh. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD kepuh yang berjumlah 24 siswa. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian disimpulkan bahwa 1) Rasa percaya diri dapat ditingkatkan dengan metode sosiodrama. Rasa percaya diri siswa pada pra siklus sejumlah 17 siswa (70.83%) meningkat menjadi 19 siswa (79.17%) pada akhir siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 21 siswa (87.5%). 2) Minat belajar siswa dapat ditingkatkan dengan metode sosiodrama. Hal ini dibuktikan dengan minat belajar siswa meningkat, dari 13 siswa (54.16%) pada tahap pra siklus menjadi 18 siswa (75%) pada akhir siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 22 siswa (91,67%). 3) Prestasi belajar IPS dapat ditingkatkan melalui metode sosiodrama. Prestasi belajar IPS yang mencapai nilai KKM pada pra siklus 15 siswa (62,50%) meningkat pada siklus I 17 siswa (70,83%) dan pada siklus II menjadi 22 siswa (91,67%). Kata Kunci: minat, rasa percaya diri, prestasi belajar IPS, metode sosiodrama.
Copyrights © 2019