SubagyaABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat menulis puisi pada siswa kelas VI SD Bumijo Yogyakarta dengan sumber belajar alam sekitar melalui pendekatan kontekstual. Subjek penelitian ini adalah 39 orang siswa dengan nilai kemampuan rata-rata awal menulis puisi adalah 68,4. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart dengan tahapan perencanaan, alternatif pemecahan masalah, tindakan, analisis, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata awal kelompok adalah 68,4 dan mandiri 65,2, meningkat menjadi 73,3 (nilai rata-rata kelompok) serta 71,20 (nilai rata-rata mandiri) di siklus I, dan menjadi 79,4 (nilai rata-rata kelompok) serta 78,0 (nilai rata-rata mandiri) di siklus II.Kata kunci: menulis puisi, sumber belajar, alam sekitar, pembelajaran kontekstualThe aims of this research are to increase students’ interest in writing poems for 6th grade students of elementary school at SD Bumijo Yogyakarta through environment learning resources by contextual approach. The subjects of research are 39 students with pre-average score of writing poems are 68,4. This research is classroom action research of Kemmis dan Taggart model with several steps are planning, problem solving alternative, action, analysis, and reflection. The results of this research show that pre-avarage score of writing poems in team are 68,4 and individual 65,2, increase to 73,3 (team average score) and 71,20 (individual average score) in 1st cycle, then become 79,4 (team average score) and 78,0 (individual average score) in 2nd cycle.Keywords: writing poems, learning resources, environment, contextual learning
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017