Journal of Community Service
Vol 1 No 1 (2022): INKAMKU : Journal of Community Service

PENDAMPINGAN KARAKTER REMAJA MELALUI BUDAYA LITERASI SEKOLAH

Musfira Musfira (IAI Muhammadiyah Sinjai)
Hasmiati Hasmiati (Instititut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai)
Muhlis Muhlis (Instititut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai)
Rahma Melati Amir (Instititut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai)
Wahidayanti Wahidayanti (Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai)
Prima Mytra (Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Literasi di Indonesia merupakan salah satu persoalan mendesak yang masih harus dibenahi. Karena kurangnya minat baca masyarakat terutama dikalangan pelajar. Terkait dengan minimnya budaya literasi ini sudah menjadi hal yang lumrah dan menjamur dari tahun ke tahun tanpa ada perubahan. Yang kemudian hal inilah yang menjadi tantangan dan permasalahan serius bagi orangtua, guru dan terutama pemerintah untuk saling bersinergi menumbuh kembangkan budaya literasi di sekolah. Budaya literasi berkaitan erat dengan kalangan pelajar, karena dengan menjadi peserta didik mereka harus dituntut untuk selalu bersentuhan pembelajaran untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, wawasan dan pembinaan budi pekerti. Ada banyak hal yang dapat menjadi solusi untuk menumbuhkan minat literasi diantaranya dengan mensosialisasikan pentingnya literasi untuk kelangsungan masa depan dan melakukan lapak baca di pekarangan sekolah. Seperti peserta didik yang ada di Desa Pulau Harapan, Kecamatan Pulau Sembilan. Mereka sangat membutuhkan motivasi dan edukasi untuk dapat meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya literasi

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

inkamku

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

INKAMKU yaitu tentang Integrasi Akademisi dan Masyarakat yang Berkualitas. INKAMKU ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh dosen, peneliti, guru, mahasiswa maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil ...