Hasil belajar siswa merupakan kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan pembelajaran. Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain sarana pendidikan dan minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh sarana prasarana pendidikan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di SMPN 3 Lhoknga; (2) Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di SMPN 3 Lhoknga; (3) Pengaruh sarana prasarana pendidikan dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di SMPN 3 Lhoknga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sensus sampling dengan jumlah sampel sebanyak 58 orang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara menyebarkan angket kepada responden dan mendokumentasikan hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, dan uji hipotesis meliputi uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara sarana prasarana terhadap pendidikan hasil belajar siswa; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar; (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara sarana dan prasarana pendidikan, minat belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar.
Copyrights © 2024