JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 9, No 4 (2024): November, I Special Issue on "Educational design research for human beings learn

Filsafat Ilmu Pendidikan : Menyusun Kerangka Teoritis Dalam Pengembangan Pendidikan

Fiqriani, Maula (Unknown)
Munir, Munir (Unknown)
Karoma, Karoma (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Pengembangan pendidikan yang efektif memerlukan landasan teoritis yang kuat untuk memastikan implementasi kebijakan dan praktik pendidikan yang relevan dan berkelanjutan. Artikel ini bertujuan untuk membahas pentingnya penyusunan kerangka teoritis dalam pengembangan pendidikan, dengan menyoroti hubungan antara filsafat ilmu dan teori pendidikan. Kerangka teoritis ini berfungsi sebagai panduan dalam merancang kurikulum, metode pengajaran, serta evaluasi yang berorientasi pada pencapaian tujuan pendidikan yang lebih luas. Artikel ini mengkaji berbagai perspektif filsafat ilmu, termasuk positivisme, konstruktivisme, dan pragmatisme, untuk mengidentifikasi elemen-elemen utama yang perlu dipertimbangkan dalam penyusunan kerangka teoritis pendidikan. Penekanan juga diberikan pada pentingnya integrasi teori pendidikan dengan praktik di lapangan, serta bagaimana kerangka teoritis ini dapat menjawab tantangan-tantangan dalam dunia pendidikan yang semakin kompleks. Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa penyusunan kerangka teoritis yang holistik dan adaptif sangat diperlukan untuk menciptakan pendidikan yang relevan dan mampu menanggapi perubahan sosial, budaya, dan teknologi dalam masyarakat global.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...