Tulisan ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi Kurikulum Merdeka pada pendidikan anak usia dini melalui metode permainan Kompas Bulok di RA Amalia Darma Sunggal. Kurikulum Merdeka, yang menekankan pada fleksibilitas pembelajaran dan pengembangan potensi unik setiap anak, membutuhkan pendekatan kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran. Metode permainan Kompas Bulok diterapkan sebagai salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut dengan menekankan pembelajaran berbasis permainan yang relevan dengan dunia anak-anak. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengamati interaksi, respons, dan keterlibatan anak dalam kegiatan pembelajaran menggunakan permainan ini. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara dengan pendidik, serta dokumentasi aktivitas belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode permainan Kompas Bulok efektif dalam meningkatkan motivasi belajar, keterampilan sosial, dan kemampuan kognitif anak-anak, selaras dengan tujuan Kurikulum Merdeka yang berfokus pada pengembangan karakter dan kemandirian anak. Implementasi metode ini juga memperlihatkan peningkatan partisipasi aktif anak dalam pembelajaran dan meningkatkan suasana belajar yang lebih menyenangkan. Dengan demikian, metode permainan Kompas Bulok berpotensi menjadi strategi yang efektif dalam menerapkan Kurikulum Merdeka di pendidikan anak usia dini, memberikan dampak positif pada perkembangan anak secara holistik.
Copyrights © 2024