Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh smartphone terhadap hasil belaja rsiswa, terutama siswa kelas 6 SD Negeri 6 Kendari. Penelitian ini dilakukan yaitu jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu keseluruhan siswa kelas 6 SD Negeri 6 Kendari dengan jumlah keseluruhan 245 siswa. Dan mengambil sampel sebesar 50% atau 61 siswa dengan cara sampel acak sistematis. Pengumpulan data yang dilakukan dengan metode anket, observasi langsung dan dokumentasi nilai raport siswa. Analisis data menggunakan rumus statistic analisis regeresi linear sederhana. Setelah dilakukan perhitungan dapat disimpulkan dari tabel model Summary menjelaskan tentang besarnya nilai korelasi/hubungan (R) adalah sebesar 0,437 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,191, bahwa pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen yaitu sebesar 19,1%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain, dan dari persamaan regresi diatas, ditampilkan uji signifikansi dengan uji t, adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara variabel X (smartphone) terhadap variabel Y (prestasi belajar). Berdasarkan output coefficients diketahui nilai t hitung = 3.733 dengan nilai siginifikansi 0.000 0.05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi adanya pengaruh yang signifikan variable X terhadap variable Y. Jika penggunaan Smartphone menurun 1 satuan maka prestasi belajar meningkat sebesar 0,158.Kata Kunci: Smartphone, Prestasi Belajar.
Copyrights © 2021