JSES
Volume 2 Nomor 2 2021

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA DAN GERAK MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS IV SDN 7 PASIR PUTIH

Hamriana Hamriana (Unknown)
Kasmawati Kasmawati (Unknown)
Ahmad Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkaan hasil belajar IPA materi gaya dan gerak melaui pendekatan saintifik dengan menggunakan model problem based learning (PBL).Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan memberikan tindakan dalam dua siklus pembelajaran terdiri dari dua kali pertemuan, Penelitian ini dilaksana pada bulan April 2021.Subyek penelitiannya adalah 13 peserta didik kelas IV SD Negri 7 pasir putih.Hasil belajar diperoleh dengaan menggunakan tes pilihaan ganda.Hasil penelitian menunjukan bahwa model problem based learning (PBL), dapat meningkatkaan hasil be lajar peserta didik dimana pada siklus 1 dalam kategori yang tinggi peserta didik 61,54% sedangkan peserta didik  yang rendah 38,46%, Tetapi model ini belum meningkat hasil belajar peserta didik pada siklus I jadi menggunakan siklus II dalam kategori nilai peserta didik yang  tinggi 76,92% sedangkan yang rendah 23,07%.Kata Kunci: Pendekatan Saintifik Dengan Model Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JSES

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JSES: Jurnal Sultra Elementary School with e-ISSN: 2716-036X is an open access journal published by the Elementary School Teacher Education Study Program dedicated to publishing educational research results based on scientific research and literature studies in the field of educational science that ...