Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan dengan bantuan benda-benda kongkrit. Mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas terhadap Siswa kelas I SD Inpres 28 Kabupaten Sorong sebanyak 20 siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui observasi pengamatan diskusi dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan dari kegiatan pratindakan, siklus I dan siklus II. Dalam penelitian pratindakan siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 33,3 % setelah dilakukan tindakan dengan alat bantu benda-benda kongkrit. Ketuntasan belajar siswa dalam siklus I naik menjadi 66,6 % dilanjutkan siklus selanjutnya seluruh siswa mengalami ketuntasan belajar. . Berdasarkan hasil evaluasi pembelajaran dalam siklus I dengan standart nilai terrendah 75, siswa yang memperoleh nilai 75 sebanyak 33,3% siswa atau kurang lebih 97 % sedangkan hasil evaluasi pada siklus II dengan standart nilai yang sama, semua siswa memperoleh nilai 75 atau 100 Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa benda-benda kongkrit dapat membantu siswa dalam mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan bilangan pada pembelajaran Matematika Kelas I, sehingga prestasi belajar mengalami kemajuan. Temuan yang lain siswa menjadi senang, percaya diri dalam melakukan proses pembelajaran yang menggunakan benda kongkrit. Dengan menggunakan benda kongkrit mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam mengeoperasikan penjumlahan dan penguruangan.Kata Kunci : Penjumlahan, Pengurangan, Kongkrit
Copyrights © 2023