Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2024): Jurnal Ilmu Pendidikan

Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Spinner Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas IV SD 1 Peganjaran

Rosalinda Damayanti, Devi (Unknown)
Nishklakh, Zahrotun (Unknown)
Aulia, Niken Ayu (Unknown)
Mudrikatunnisa, Mudrikatunnisa (Unknown)
Maula, Alvita Rizki (Unknown)
Amelia, Lisa Noor (Unknown)
Setiadi, Hervian (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media pembelajaran spinner terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV SD 1 Peganjaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode analisis data Miles & Huberman yaitu reduksi, penyajian dan verifikasi untuk mengidentifikasi terkait dengan penggunaan media spinner dalam konteks pembelajaran IPAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran spinner secara signifikan meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran IPAS. Siswa menunjukkan peningkatan pemahaman terhadap konsep-konsep seperti penggolongan jenis makanan hewan (omnivora, herbivora, karnivora) dan kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuan tersebut dalam situasi praktis. Temuan ini menegaskan bahwa penggunaan media pembelajaran yang inovatif, seperti spinner, dapat menjadi sarana efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPAS di tingkat sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan menyediakan akses terbuka langsung ke isinya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk umum mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar. Semua artikel yang diterbitkan Open Access akan segera dan secara permanen gratis untuk dibaca dan ...