JURNAL INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi)
Vol 8 No 2 (2023): OCTOBER

INTEGRASI NATURAL LANGUAGE PROCESSING DALAM CHATBOT MARKETING (STUDI KASUS TOKO CAHAYA FAJAR)

MUHAMMAD RIZAL H (Unknown)
HASRIANA (Unknown)
TAMRAH (Unknown)
MURSALIM (Unknown)
BUTSIARAH (Unknown)
NURAIDA LATIF (Unknown)
ELLY WARNI (Unknown)
MUHAMMAD ICHFAN ASKAR (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi penjualan perlengkapan pernikahan dengan fitur chatbot dengan penerapan TF-IDF dan cosine similarity untuk meningkatkan akurasi sistem pendeteksi tanya jawab pada chatbot. Data ini diperoleh melalui observasi dan wawancara. Metode pengujian sistem menggunakan blackbox dan metode Frequency-Inverse Document Frequency (F-IDF). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi untuk alat penjualan perlengkapan pernikahan dengan fitur chatbot menggunakan metode TF-IDF dan cosine similarity menampilkan hasil nilai dengan akurasi yang baik. Pengujian sistem menggunakan blackbox serta pengujian penerapan chatbot menggunakan pengujian validasi pada menggunakan recall dan precision menghasilkan nilai 90% dari hasil metode TF-IDF dan cosine similarity untuk akurasi tanya jawab chatbot.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

instek

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

The Scope topics include, but are not limited to : Agent System and Multi-Agent Systems Analysis & Design of Information System Artificial Intelligence Big Data and Data Mining Cloud & Grid Computing Computer Vision Cryptography Decision Support System DNA Computing E-Government E-Business ...