Jurpis
Vol. 16 No. 1 (2019): Januari - Juni

Partisipasi Masyarakat Dalam Mendukung Pelaksanaan Pendidikan Dasar Di Desa Ngovi Kecamatan Rio Pakava Kabupaten Donggala

Charles Kapile (Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako)
Rusmiati Aras (Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
21 May 2019

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Desa Ngovi Kecamatan Rio Pakava Kabupaten Donggala dengan tujuan (1) untuk menjelaskan partisipasi masyarakat/ orang tua terhadap pendidikan masyarakat di Desa Ngovi Kecamatan Rio Pakava Kabupaten Donggala, (2) untuk menjelaskan faktor-faktor apa yang mempengaruhi pendidikan masyarakat di Desa Ngovi Kecamatan Rio Pakava Kabupaten Donggala. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 276 KK di Desa Ngovi dan yang dijadikan sampel hanya 23 KK. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, tehnik analisis yang digunakan analisis deskriptif melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Partisipasi masyarakat/ orang tua terhadap tingkat pendidikan di Desa Ngovi Kecamatan Rio Pakava Kabupaten Donggala masih kurang, hal tersebut terlihat dari bentuk partisipasi yang diberikan oleh masyarakat yang hanya menyekolahkan anak mereka sampai di tingkatan SD saja. (2) Faktor yang mempengaruhi tingkat pendidikan masyarakat di Desa Ngovi Kecamatan Rio Pakava Kabupaten Donggala adalah faktor jarak antara dusun yang saling berjauhan dan berada di atas perbukitan sehingga jarak rumah kesekolah menjadi jauh dan membutuhkan waktu tempuh yang cukup lama, faktor ekonomi dan motivasi dari orang tua.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurpis

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial ISSN Online 2987-940X , dan ISSN Cetak: 1693-220X . diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Fakultas Tadulako Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia. Fokus jurnal ini adalah artikel berbasis hasil penelitian ...