Masyarakat: Jurnal Pengabdian
Vol. 1 No. 2 (2024)

BIMBINGAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA UNTUK SISWA BERKARAKTER DI SEKOLAH DASAR

Musa, Habibi (Unknown)
Susanto, Ratno (Unknown)
Lubis, Siti Khodijah (Unknown)
Pangestu, Deviyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2024

Abstract

Tujuan pengabdian Masyarakat ini ialah memberikan bimbingan belajar diluar sekolah atau ekstrakurikuler pramuka untuk siswa penggalang di SDN Sidorahayu 1 Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai dasar gerakan pramuka. Pendidikan kepramukaan memiliki sifat yang menyenangkan, sehat, teratur, dan dilakukan di alam terbuka. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bimbingan ekstrakurikuler pramuka untuk siswa berkarakter di sekolah dasar dapat dijabarkan melalui beberapa tahapan dan prinsip dasar. Hasil pengabdian Masyarakat dapat meningkatkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme. Hal ini karena pramuka sering melakukan kegiatan yang mendekatkan diri kepada masyarakat dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga bangsa dan negara. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat, pramuka dapat mengembangkan jiwa sosial dan kepedulian terhadap sesama. Kesimpulan Ekstrakurikuler pramuka berperan sentral dalam pembentukan karakter siswa. Kegiatan pramuka membantu siswa mengembangkan dasa darma (jujur, berbudi pekerti luhur, teguh, berani, dan rakyat) dan tri satya (kewajiban terhadap Tuhan, Negara, dan sesama hidup), yang merupakan nilai-nilai dasar gerakan pramuka. Kegiatan ekstrakurikuler pramuka dapat meningkatkan disiplin dan tanggung jawab siswa. Implikasinya Siswa melalui kegiatan pengabdian masyarakat di luar kota, siswa dapat meningkatkan soft skill dalam berkomunikasi. Hal ini karena siswa harus berinteraksi dengan masyarakat setempat dan memahami bahasa mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

m-jp

Publisher

Subject

Other

Description

Masyarakat: Jurnal Pengabdian adalah jurnal profesional terakreditasi yang memiliki E-ISSN 3048-0760 dan P-ISSN 3048-0531 yang menyajikan informasi dan opini terkini mengenai isu-isu penelitian, pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan bidang Ilmu Pendidikan, Ilmu Sosial dan Ilmu ...