Penelitian ini menganalisis kesulitan belajar bahasa Inggris mahasiswa prodi PAI AT-TAQWA Bekasi. Fokus penelitian ini adalah menemukan kesulitan mahasiswa dalam menguasai kompetensi bahasa Inggris dilakukan di Sekolah Tinggi Agama Islam At-taqwa dengan melibatkan 60 mahasiswa. Peneliti menggunakan pendekatan klasik dan individual dalam mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif. Prosedur yang digunakan konteks, input, proses, dan produk / CIPP-Model Evaluasi untuk manfaatnya untuk meningkatkan kualitas pengajaran. Data dianalisis dengan menggunakan McDonough & McDonough Model, yaitu .: (1) eksplorasi pada kedua proses belajar mahasiswa dan hasilnya; (2) menganalisis hasil eksplorasi melalui kuesioner, wawancara dengan mahasiswa; (3) melakukan peer-debriefing, yaitu wawancara dengan dosen lain yang terkait dengan, metode, konten silabus, apakah mereka telah sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Temuan menunjukkan bahwa mahasiswa belajar bahasa Inggris kesulitan untuk: (1) rasa dipaksa; (2) penguasaan rendah pada konsep dasar / intake; (3) kurang dukungan dari lingkungan mereka; (4) lupakan faktor; (5) memiliki lebih sedikit kesempatan untuk berlatih. Sehubungan dengan temuan tersebut, disarankan agar dosen dan lembaga harus memfasilitasi dan memberikan motivasi tinggi untuk proses belajar bahasa Inggris mahasiswa mereka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023