ROBBAYANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol. 2 No. 2 (2024): Robbayana

Pengaruh Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup

furqon, faizah (Unknown)
Winarno, Nanang (Unknown)
Afianti, Eva (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2024

Abstract

Berpikir kritis merupakan kemampuan yang penting untuk dimiliki peserta didik pada abad 21 ini terutama untuk mempelajari mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran bermain peran terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi klasifikasi makhluk hidup. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pre eksperimen dengan metode one grup pretest-postest. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII8 SMPN 52 Bandung yang berjumlah 34. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan berpikir kritis sebanyak 10 soal uraian. Dari hasil uji paired sample T-test didapatkan nilai Signifikansi sebesar <0,001, nilai tersebut kurang dari taraf signifikansi yaitu sebesar 0,05, sehingga kesimpulannya H0 ditolak dan Ha diterima, selanjutnya dilakukan uji N-Gain dan diperoleh hasil 0,17 < 0,30 yang berarti pengaruh perlakuan yang diberikan tergolong rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran bermain peran terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi klasifikasi makhluk hidup yang ditandai dengan kenaikan nilai rata-rata hasil posttest sebesar 8,03.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Robbayana

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Robbayana: Jurnal Pendidikan Agama Islam adalah Jurnal Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Attaqwa KH. Noer Alie Bekasi yang terbit dua kali dalam setahun yaitu pada Januari-Juni dan Juli-Desember. Jurnal ini mempublikasikan penelitian dan diskusi ilmiah tentang Pendidikan Islam dalam ...