ROBBAYANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol. 2 No. 2 (2024): Robbayana

Penerapan Teaching at the Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Kelas X pada Pembelajaran Kimia

Rahman, Gusti (Unknown)
Agustin, Rika Rafikah (Unknown)
Mirda, Erisna (Unknown)
Gani, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas X di SMA Negeri 6 Banda Aceh pada proses pembelajaran kimia dengan menerapkan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dan subjek penelitian terdiri dari 35 siswa di kelas X-3. Data dikumpulkan melalui pendekatan observasi dan dokumentasi. Sementara itu, analisis data dilakukan melalui teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode TaRL dalam pembelajaran kimia meningkatkan keaktifan siswa di kelas X-3. Pada siklus I, rata-rata persentase keaktifan belajar peserta didik adalah 83,99%. Namun, pada siklus II, persentase ini meningkat menjadi 90,31%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan TaRL sangat cocok untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik di SMA Negeri 6 Banda Aceh.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Robbayana

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Robbayana: Jurnal Pendidikan Agama Islam adalah Jurnal Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Attaqwa KH. Noer Alie Bekasi yang terbit dua kali dalam setahun yaitu pada Januari-Juni dan Juli-Desember. Jurnal ini mempublikasikan penelitian dan diskusi ilmiah tentang Pendidikan Islam dalam ...