Jurnal Pustaka Cendekia Pendidikan
Vol. 2 No. 2 (2024): Jurnal Pustaka Cendekia Pendidikan, Volume 2 Nomor 2, September - Desember 2024

Analisis Komparatif Kosa Kata Gaul Generasi Z Dan Milenial Implikasi Sosialiguistik

Mufida Dwi Kusuma Putri (Unknown)
Bisma Malik kundrajati Widarso (Unknown)
Desika Anggraini Fitria Rosanti (Unknown)
Khania Anggita Putri Alifariani (Unknown)
Hasbi Maulana (Unknown)
Dewi Puspa Arum (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini menganalisis perbedaan kosa kata terkini yang digunakan oleh Generasi Z dan Generasi Milenial serta implikasinya dalam konteks sosiolinguistik. Perbedaan antar generasi dalam penggunaan bahasa, khususnya bahasa gaul, mencerminkan perubahan budaya, perkembangan teknologi, dan dinamika sosial yang memengaruhi pola komunikasi sehari-hari. Penelitian ini menggunakan  kualitatif dan bentuk komparatif, penelitian ini mengidentifikasi variasi kosa kata gaul dan mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi serta diskusi dengan perwakilan dari masing-masing generasi untuk memahami persepsi mereka terhadap bahasa gaul. Hasil penelitian menunjukkan adanya variasi signifikan dalam kosa kata, di mana Generasi Z lebih dipengaruhi oleh budaya digital dan media sosial, sedangkan Milenial cenderung mempertahankan istilah-istilah yang berkembang dari budaya populer era 2000-an. Implikasi sosiolinguistik dari perbedaan ini mencakup aspek identitas, kebiasaan berkomunikasi, serta hubungan antar generasi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai perubahan bahasa dalam masyarakat

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpcp

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pustaka Cendekia Pendidikan is aims to facilitate and promote the inquiry into and disseminations of research results on primary education, secondary education, higher education, teacher education, special education, adult education, non-formal education, and any new development and ...