Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran sentral dalam membentuk karakter dan moral siswa, terutama di era digital yang serba Kompleks ini. Dalam konteks ini, pengembangan model pembelajaran kooperatif menjadi suatu kebutuhan mendesak untuk merespons tantangan dan peluang yang ditawarkan oleh era digital. Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu mata pelajaran yang memegang peranan penting dalam membentuk karakter dan moralitas siswa. Namun, dalam menghadapi era digital yang terus berkembang, tantangan baru muncul dalam upaya memastikan pembelajaran PAI tetap relevan dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk efektivitas model pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di era digital. Melalui kajian literatur dan penelitian, kami mengidentifikasi prinsip-prinsip pembelajaran kooperatif yang relevan dan mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) ke dalam model pembelajaran tersebut. Model yang diusulkan ini adalah kompresi kolaborasi antar siswa, partisipasi aktif, pemanfaatan sumber daya digital, dan evaluasi berbasis teknologi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan modelp embelajaran kooperatif dalam PAI yang terintegrasi dengan teknologi digital memberikan dampak positif yang signifikan terhadap kualitas pendidikan. Hal ini tidak hanya meningkatkan hasil akademik tetapi juga menanamkan nilai-nilai Islami secara efektif. Rekomendasi penelitian ini adalah memperluas model implementasi ini ke berbagai tingkat pendidikan dan memberikan pelatihan yang memadai bagi para pendidik dalam memanfaatkan teknologi digital secara optimal. Dengan demikian, pembelajaran PAI dapat lebih responsif terhadap tantangan dan peluang di era digital.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024