Pendidikan tidak dapat dipisahkan dari aktivitas manusia dan pelaksanaannya akan selalu berdampak pada manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan integrasi teknologi informasi dalam kurikulum pendidikan agama Islam di Indonesia dengan menggunakan pendekatan teori difusi inovasi M. Rogers. Melalui pendekatan kualitatif dan studi kepustakaan (library research), penelitian ini mengeksplorasi bagaimana teknologi informasi dapat diadopsi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Indonesia. Teori difusi inovasi digunakan untuk memahami proses penyebaran dan penerimaan teknologi dalam pendidikan agama, dengan fokus pada faktor-faktor yang memengaruhi adopsi teknologi oleh guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun teknologi informasi memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI, tantangan seperti kesesuaian materi dengan nilai-nilai Islam, keterbatasan infrastruktur, dan resistensi terhadap perubahan perlu diatasi. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya peran guru dalam memfasilitasi adopsi teknologi dan memastikan penerapannya sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan Islam.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025