Action Research Journal Indonesia (ARJI)
Vol. 6 No. 4 (2024): Action Research Journal Indonesia (ARJI)

Efektivitas Metode Ceramah Dalam Kegiatan Tutorial SPAI UPI Terhadap Minat Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Fakhira Salsabila (Universitas Pendidikan Indonesia)
Fakhri Nur Deharsena (Universitas Pendidikan Indonesia)
Fathiya Najla Aulia (Universitas Pendidikan Indonesia)
Shafira Naila Tasya (Universitas Pendidikan Indonesia)
Shava Nadhira (Universitas Pendidikan Indonesia)
Budi Setiawan (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode ceramah dalam kegiatan Tutorial SPAI dalam merefleksikan motto “religius" dan tujuan capaian mata kuliah SPAI dalam kehidupan mahasiswa. Ada tiga aspek yang menjadi pusat penelitian dalam kegiatan tutorial ini yaitu efektivitas metode ceramah, minat mahasiswa terhadap nilai-nilai akhlak islam, dan, aktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas ceramah. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui survei. Penelitian ini melibatkan 57 sampel dari total populasi peserta tutorial yang terdiri dari 5 fakultas. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode ceramah dalam kegiatan Tutorial SPAI di Universitas Pendidikan Indonesia dinilai efektif oleh 71,9% mahasiswa dalam membantu pemahaman nilai-nilai akhlak Islam. Efektivitas ini didukung oleh penyampaian materi yang sistematis, interaksi antara pemateri dan mahasiswa, serta penggunaan media pendukung yang sesuai

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ARJI

Publisher

Subject

Education

Description

ARJI is a journal that publishes the results of scientific research in the field of education using classroom action research methods. The ARJI journal is published every 3 months, namely in March, June, September and December. The ARJI journal has been published since March 2019. The ARJI journal ...