Action Research Journal Indonesia (ARJI)
Vol. 6 No. 4 (2024): Action Research Journal Indonesia (ARJI)

Perbandingan Efektivitas Video Pembelajaran Ceramah dan Interaktif dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa

Betari Cinta Repelino (Universitas Pendidikan Indonesia)
Chika Jasmine Paradisa (Universitas Pendidikan Indonesia)
Choirina Nazwa Aulya (Universitas Pendidikan Indonesia)
Tiara Fitri Nurhayati (Universitas Pendidikan Indonesia)
Tiara Nurhayati Devi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Budi Setiawan (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2024

Abstract

Penggunaan media video merupakan salah satu strategi pembelajaran yang efektif dalam membantu siswa memahami konsep secara lebih mendalam. Penurunan motivasi dan pemahaman siswa dalam pembelajaran tradisional mendorong perlunya inovasi metode, salah satunya menggunakan media seperti video pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas video pembelajaran berbasis ceramah dan interaktif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Sejarah di MA Al-Inayah. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian sebanyak 24 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok video ceramah dan kelompok video interaktif. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest, dan angket. Uji homogenitas menunjukkan bahwa data kedua kelompok bersifat homogen dengan nilai 2,21 < 2,22. Analisis lanjut menggunakan uji T-test dua sampel bebas menunjukkan 2,25 > 2,07 dengan nilai p sebesar 0,03 < 0,05 sehingga hipotesis awal ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok video ceramah memiliki tingkat pemahaman yang lebih tinggi dibandingkan kelompok video interaktif, didukung oleh faktor kesesuaian isi video, bahasa yang mudah dipahami, kualitas suara, dan rendahnya distraksi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ARJI

Publisher

Subject

Education

Description

ARJI is a journal that publishes the results of scientific research in the field of education using classroom action research methods. The ARJI journal is published every 3 months, namely in March, June, September and December. The ARJI journal has been published since March 2019. The ARJI journal ...