Dharmas Education Journal (DE_Journal)
Vol 3 No 1 (2022): Juni

MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENGHITUNG PERMINTAAN DENGAN MENGGUNAKAN RUMUS PERMINTAAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X MELALUI DIDACTICAl DESIGN RESEARCH

Hutahaean, Ance Regina (Unknown)
Pardede, Sanggam (Unknown)
Siagian, Lasma (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa dalam menghitung fungsi permintaan dengan menggunakan rumus permintaan pada mata pelajaran Ekonomi kelas X melalui pendekatan Didactical Design Research (DDR). Berdasarkan hasil observasi awal, ditemukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep fungsi permintaan, menghitung gradien, dan menyusun persamaan fungsi permintaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tahapan analisis antisipasi didaktis dan pedagogis, analisis metapedadidaktik, serta analisis retrospektif untuk mengidentifikasi dan mengatasi hambatan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain didaktis yang dikembangkan efektif dalam membantu siswa memahami fungsi permintaan melalui pendekatan berbasis masalah dan diskusi kelompok. Namun, ditemukan beberapa kesulitan baru yang tidak terprediksi sebelumnya, terutama dalam menentukan gradien dengan benar. Oleh karena itu, dilakukan revisi desain didaktis berupa penyederhanaan redaksi pada lembar kerja, pemberian contoh tambahan, serta peningkatan bimbingan. Dengan penerapan desain didaktis yang lebih sistematis, siswa menunjukkan peningkatan pemahaman dalam menghitung fungsi permintaan serta mampu menghubungkan teori ekonomi dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

de_journal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Public Health Other

Description

DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dharmas Indonesia, dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta berbagi perkembangan ilmu tentang pendidikan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah ...