Dharmas Education Journal (DE_Journal)
Vol 5 No 1 (2025): DE_Journal

PENERAPAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP PENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII-4 SMPN 5 PERCUT SEI TUAN

Pratiwi, Khanza Azahaara (Unknown)
Hasibuan, Muhammad Fauzi (Unknown)
Sari, Marlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa melalui layanan konseling kelompok di kelas VIII-4 SMPN 5 Percut Sei Tuan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Hopkins yang terdiri atas empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 32 siswa dengan tingkat kepercayaan diri yang beragam. Instrumen yang digunakan meliputi angket kepercayaan diri, lembar observasi, catatan lapangan, dan wawancara terbuka. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan masing-masing dua pertemuan konseling kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa, yang ditandai dengan peningkatan skor rata-rata dari 54 menjadi 81, serta adanya perubahan perilaku seperti keberanian berbicara, keterlibatan aktif, dan sikap terbuka dalam interaksi sosial. Penelitian ini merekomendasikan agar layanan konseling kelompok dijadikan program rutin dalam mendukung perkembangan psikologis siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

de_journal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Public Health Other

Description

DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dharmas Indonesia, dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta berbagi perkembangan ilmu tentang pendidikan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah ...