Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa melalui layanan konseling kelompok di kelas VIII-4 SMPN 5 Percut Sei Tuan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Hopkins yang terdiri atas empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 32 siswa dengan tingkat kepercayaan diri yang beragam. Instrumen yang digunakan meliputi angket kepercayaan diri, lembar observasi, catatan lapangan, dan wawancara terbuka. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan masing-masing dua pertemuan konseling kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa, yang ditandai dengan peningkatan skor rata-rata dari 54 menjadi 81, serta adanya perubahan perilaku seperti keberanian berbicara, keterlibatan aktif, dan sikap terbuka dalam interaksi sosial. Penelitian ini merekomendasikan agar layanan konseling kelompok dijadikan program rutin dalam mendukung perkembangan psikologis siswa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025