Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sarana dan prasarana sekolah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas X SMA Negeri 1 Siantar Tahun Ajaran 2024/2025. Masalah yang dalam penelitian ini adalah masih terdapatnya kendala dalam pemenuhan dan pemanfaatan sarana serta prasarana sekolah, seperti kurangnya ketersediaan proyektor, ruang kelas yang tidak nyaman, dan keterbatasan koleksi perpustakaan, yang berpotensi menurunkan motivasi belajar siswa. Jenis enelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 344 siswa dan sampel sebanyak 86 siswa yang diambil menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan skala Likert yang mengukur variabel sarana prasarana dan motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, linearitas, serta uji regresi linear sederhana. Hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan persamaan regresi Y = 48,057+ 0,199X. Uji t menunjukkan nilai t_hitung sebesar 5,418 dan t_tabel sebesar 1,988, sehingga t_hitung > t_tabel dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara sarana dan prasarana sekolah terhadap motivasi belajar siswa. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,035 mengindikasikan bahwa variabel sarana dan prasarana sekolah memberikan kontribusi sebesar 3,5% terhadap motivasi belajar siswa, sedangkan 96,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil tersebut, hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sarana dan prasarana sekolah memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan pengelolaan dan pemanfaatan fasilitas sekolah secara optimal untuk mendukung peningkatan motivasi belajar.
Copyrights © 2022