Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 5 No. 12 (2024): Jurnal Pendidikan Indonesia

Pengaruh Pelatihan Dan Bimbingan Konsultansi Terhadap Produktivitas Usaha Yang Dimediasi Oleh Adversity Quotient (Study Kasus UMKM Di Wilayah Provinsi DKI Jakarta)

Sukron Munawar (Universitas Pancasila)
Fahruddin Salim (Universitas Pancasila)
Seta A. Wicaksana (Universitas Pancasila)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh pelatihan dan bimbingan konsultansi terhadap produktivitas yang dimediasi oleh Adversity Quotient (AQ) pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Provinsi DKI Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis data menggunakan Structural Equation Modeling Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan dan bimbingan konsultansi memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap produktivitas UMKM. Selain itu, Adversity Quotient berperan sebagai mediator yang memperkuat hubungan antara pelatihan, bimbingan konsultansi, dan produktivitas. Dengan kata lain, pelatihan dan bimbingan konsultansi lebih efektif meningkatkan produktivitas UMKM ketika tingkat AQ para pelaku usaha tinggi. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi para pemangku kepentingan dalam merancang program pelatihan dan bimbingan konsultansi yang tidak hanya fokus pada peningkatan keterampilan teknis, tetapi juga pengembangan AQ untuk mencapai peningkatan produktivitas yang lebih optimal

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...