Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar siswa melalui metode Think-Pair-Share pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Wundulako. Masalah ini dibahas melalui penelitian yang dilakukan di SMPN 3 Wundulako. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 (empat) tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) aktualisasi tindakan, (3) observasi dan interpretasi, dan (4) analisis dan refleksi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif (pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian tentang upaya meningkatkan hasil belajar PPKn melalui metode pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Wundulako adalah sebagai berikut: Setelah dilakukan penelitian hasil belajar, maka dapat dinyatakan bahwa penerapan metode pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa karena telah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan, yaitu minimal 17 orang siswa yang berpartisipasi aktif dan mencapai nilai minimal 70. Secara ringkas, penerapan metode ini menunjukkan adanya peningkatan partisipasi aktif kelas VIII pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 3 Wundulako.
Copyrights © 2025