Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kemampuan berpikir induktif matematis siswa pada mata pelajaran Barisan Aritmatika. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Subjek penelitian 3 orang siswa kelas X SMA yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Tekhnik pengumpulan data dilakukan tes dan wawancara. Tekhnis analisis data menggunakan deskripstif kualitatif. Hasil penelitain menunjukan bahwa siswa yang memiliki kemampuan berpikir induktif tinggi dapat dengan mudah memenuhi semua indikator dengan membuat pola hubungan dalam menganalisis situasi matematika, kemudian pada indikator kedua dapat dengan mudah membuat analogi dan pada indikator ketiga siswa berkemampuan tinggi dapat membuat generelesasi dalam menyelesaikan masalah. Siswa yang memiliki kemampuan sedang hanya dapat memenuhi dua indikator yaitu membuat pola bilangan untuk mengalisis situasi matematika dan membuat analogi. Sedangkan pada ndikator membuat generelesasi siswa berkemampuan sedang tidak dapat memenuhinya. Terakhir pada siswa berkemampuan rendah siswa hanya dapat memenuhi satu indikator menggunakan pola hubungan untuk mengalisis situasi matematika.
Copyrights © 2025