Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang dipadukan dengan penggunaan video tutorial dalam pembelajaran mata kuliah Dasar-dasar Statistika pada mahasiswa PGSD kelas VA di STKIP Yapis Dompu. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuasi-eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian menggunakan Time Series Design, dengan melibatkan 40 mahasiswa sebagai sampel yang dipilih dari populasi sebanyak 145 mahasiswa. Instrumen penelitian terdiri atas lembar observasi, wawancara, serta tes berupa pretest dan posttest yang digunakan untuk mengukur peningkatan hasil belajar. Berdasarkan analisis statistik, uji normalitas dengan Shapiro-Wilk menunjukkan signifikansi Pretest 1 sebesar 0,053, Posttest 1 sebesar 0,438, Pretest 2 sebesar 0,74, dan Posttest 2 sebesar 0,171. Selanjutnya, uji hipotesis menggunakan one-sample test menunjukkan nilai signifikansi 0,000. Pengukuran peningkatan hasil belajar melalui rata-rata gain menghasilkan nilai N-gain1 sebesar 0,50 dan N-gain2 sebesar 0,34. Berdasarkan temuan ini, disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang dilengkapi dengan video tutorial efektif meningkatkan hasil belajar dengan kategori sedang pada mahasiswa PGSD kelas VA dalam mata kuliah Dasar-dasar Statistika.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025